Pengaturan Tahun Akademik & Semester
Sebelum memulai Sais Cloud. Admin Pondok Pesantren perlu untuk melakukan pengaturan Tahun Akademik & Semester terlebih dahulu karena seluruh aktivitas akan mengacu pada tahun dan semester berjalan.
Untuk melakukan pengaturan tersebut klik menu
Master Config -> Buka Tab Akademik -> Tahun Akademik & Semester

- Menambah Tahun Akademik/Ajaran Baru
Penambahan Tahun Akademik/Ajaran baru dilakukan ketika tahun akademik tersebut telah berakhir, atau akan dibuka pendaftaran santri baru untuk tahun depan, maka diperlukan pembuatan tahun akademik baru.
Pada tahun akademik di Sais Cloud mendukung sistem penanggalan Hijriyah dan tentu saja Masehi. Sebelum membuat pastikan untuk memilih sistem penanggalan yang benar karena akan berpengaruh pada nama bulan pada tagihan yang bersifat bulanan seperti SPP dan yang sejenis.
Langkah-langkah untuk menambahkan tahun akademik baru :
- Tekan Tombol Tahun Akademik Baru, maka akan terlihat seperti berikut

- Masukkan data dengan benar, dan tentukan apakah tahun tersebut adalah tahun akademik yang berjalan sekarang, jika tahun tersebut belum aktif dan hanya digunakan untuk penerimaan santri baru saja, maka non aktifkan toogle Aktif.
- Tentukan sistem penanggalan yang digunakan (Hijriyah atau Masehi).
- Setelah seluruh data diisi, tekan tombol Simpan untuk menyimpan data.
- Menambah Semester Akademik Baru
Semester diperlukan untuk proses Akademik seperti pembuatan jadwal, pengisian nilai santri, dan seluruh aktivitas akademik pada umumnya. Untuk melakukan penambahan semester akademik baru, berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan :
- Pilih tahun akademik yang ingin ditambahkan semester baru, dan tekan tombol Semester Akademik Baru.

- Tentukan apakah semester ganjil atau genap, dan apakah semester tersebut adalah semester yang saat ini berjalan, jika iya maka hidupkan toogle Aktif.
- Setelah seluruh data dimasukkan, tekan tombol Simpan.
