1. Definisi
  1. Cloud , atau “ awan ” “Adalah infrastruktur komputasi virtual yang menyediakan sumber daya seperti server dan penyimpanan data melalui internet. Layanan cloud memungkinkan akses fleksibel dan skala sesuai kebutuhan pengguna tanpa perlu memiliki infrastruktur fisik secara langsung”.
  2. Sais Cloud  “Merupakan jasa penyedia layanan sistem informasi akademik dan administrasi pondok pesantren”.
  3. Pemilik Platform “Merupakan individu atau entitas yang memiliki dan mengelola platform atau layanan, dalam hal ini, Sais Cloud”.
  4. Aplikasi  “Merupakan perangkat lunak, sistem informasi, atau website yang disediakan oleh pihak Sais Cloud”.
  5. Kredensial  “Informasi otentikasi yang digunakan untuk verifikasi identitas atau hak akses seseorang terhadap suatu sistem atau layanan”.
  6. Pengguna  “M erujuk kepada setiap individu, yang menggunakan aplikasi yang tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini”.
  7. Pengelola Pondok  “Merupakan pegawai/staf/operator yang memiliki akses untuk mengoperasikan Sais Cloud baik sebagai Admin Ponpes, Admin PSB, Admin Akademik, Admin Keuangan ataupun akses lainnya yang berada di lingkungan pondok pesantren”.
  8. Payment Gateway  “Layanan atau sistem pihak ketiga yang memfasilitasi transaksi pembayaran secara elektronik melalui berbagai metode pembayaran, seperti transfer bank, dompet digital atau metode pembayaran lainnya”.
  1. Penggunaan Layanan
  1. Pengelola Pondok setuju untuk menggunakan Sais Cloud sesuai dengan peruntukannya yang ditetapkan dalam deskripsi produk.
  2. Pengguna diwajibkan untuk memberikan informasi yang akurat dan lengkap pada saat pendaftaran dan selama penggunaan Sais Cloud.
  1. Syarat Berlangganan dan Pembayaran
  1. Pengelola Pondok wajib memilih paket yang akan digunakan, serta menyetujui layanan apa saja yang bisa digunakan berdasarkan paket yang dipilih.
  2. Pemilik Platform dengan pertimbangan tertentu, berhak untuk membuka fitur yang dianggap perlu sekalipun fitur tersebut tidak/belum terdapat di dalam paket yang dipilih.
  3. Minimal berlangganan Sais Cloud adalah 3 bulan dan pembayaran dilakukan di muka.
  4. Harga berlangganan dapat berubah sewaktu-waktu karena faktor-faktor tertentu yang mungkin terjadi kedepannya.
  1. Ketersediaan Layanan
  1. Pemilik Platform   berusaha untuk menjaga ketersediaan Sais Cloud sepanjang waktu, namun tidak menjamin bahwa layanan akan tersedia tanpa gangguan atau bebas dari kesalahan.
  2. Pemilik Platform berhak melakukan pemeliharaan rutin atau pembaruan sistem yang mungkin mengakibatkan gangguan sementara dalam akses ke Sais Cloud. Pengelola Pondok akan diberitahukan terlebih dahulu tentang jadwal pemeliharaan tersebut.
  1. Perlindungan Data
  1. Sais Cloud akan menjaga kerahasiaan data Pengguna sesuai dengan Kebijakan Privasi yang ditetapkan.
  2. Pengguna diharapkan untuk menjaga kerahasiaan kata sandi atau kredensial mereka sendiri dan tidak mengungkapkannya kepada pihak lain yang bisa membahayakan terhadap data pribadi atau data lainnya yang berada di pondok pesantren tersebut.
  1. Pembatalan Berlangganan
  1. Pengelola Pondok dapat membatalkan berlangganan Sais Cloud setelah berlangganan minimal selama 3 bulan.
  2. Pada saat ingin melakukan pembatalan berlangganan, Pengelola Pondok memberikan pemberitahuan minimal 7 hari sebelum tanggal pembatalan yang diinginkan.
  1. Pengungkapan Informasi untuk Integrasi dengan Pihak Ketiga
  1. Penggunaan Sais Cloud mungkin melibatkan integrasi dengan pihak ketiga, termasuk tetapi tidak terbatas pada penyedia Payment Gateway.
  2. Pengelola Pondok setuju bahwa dalam rangka menyediakan layanan pembayaran atau fitur terkait pembayaran, atau fitur terintegrasi lainnya, Sais Cloud dapat mengungkapkan informasi Pengguna yang diperlukan kepada penyedia Payment Gateway atau pihak ketiga yang terlibat.
  3. Informasi yang mungkin diungkapkan kepada pihak ketiga termasuk namun tidak terbatas pada informasi pembayaran, informasi akun, dan informasi pengguna lainnya yang diperlukan untuk memfasilitasi transaksi atau proses lainnya oleh pihak ketiga.
  4. Penggunaan informasi oleh pihak ketiga akan tunduk pada kebijakan privasi mereka masing-masing. Pemilik Platform tidak bertanggung jawab atas penggunaan informasi oleh pihak ketiga tersebut.
  1. Hak Kekayaan Intelektual
  1. Seluruh hak kekayaan intelektual terkait dengan Sais Cloud, termasuk namun tidak terbatas pada hak cipta, merek dagang, paten, dan desain, tetap menjadi milik Pemilik Platform atau pihak ketiga yang memberikan lisensi kepada Pemilik Platform.
  2. Pengelola Pondok dan Pengguna diberikan lisensi terbatas untuk menggunakan Sais Cloud sesuai dengan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini. Pengguna tidak memiliki hak untuk mereproduksi, mendistribusikan, atau memanfaatkan secara komersial materi apa pun yang terkandung dalam Sais Cloud tanpa izin dari Pemilik Platform.
  1. Hak Atas Data & Permintaan Backup
  1. Pihak pengelola pondok pesantren menyadari dan menyetujui bahwa layanan Sais Cloud disediakan dalam model Software as a Service (SaaS), di mana seluruh sistem, perangkat lunak, dan struktur database merupakan hak cipta dan kekayaan intelektual milik Pemilik Platform.
  2. Pihak pengelola pondok pesantren tidak memiliki hak untuk meminta salinan database mentah (raw database) atau source code sistem. Namun, data yang diinput oleh pihak pengelola pondok pesantren ke dalam sistem (seperti data santri, laporan keuangan, histori transaksi) merupakan milik pihak pengelola pondok pesantren, dan dapat diminta dalam bentuk file yang dapat dibaca publik (seperti Excel, CSV, atau PDF) selama masa aktif langganan masih berlaku.
  1. Penghapusan Data
  1. Pihak pengelola pondok pesantren memahami dan menyetujui bahwa apabila masa berlangganan layanan Sais Cloud tidak diperpanjang, maka akan diberlakukan masa tenggang selama 30 (tiga puluh) hari kalender terhitung sejak tanggal berakhirnya langganan.
  2. Jika dalam masa tenggang tersebut pihak pengelola pondok pesantren tidak melakukan perpanjangan atau tidak mengajukan permintaan tertulis untuk melakukan pengunduhan data, maka seluruh data milik pondok pesantren yang tersimpan dalam sistem akan dihapus secara permanen dari server milik pemilik platform.
  3. Penghapusan data ini bersifat tidak dapat dikembalikan (irreversal) dan mencakup seluruh informasi terkait akun, data santri, transaksi, laporan, serta seluruh data administratif lainnya.
  4. Tujuan penghapusan data ini adalah sebagai bagian untuk melindungi data pribadi dan menjaga integritas dan keamanan sistem dari potensi penyalahgunaan setelah layanan tidak aktif. Kemudian dari itu juga untuk menghindari beban penyimpanan yang tidak diperlukan disisi server pemilik platform, yang dapat mengganggu efisiensi operasional dan berpotensi memperbesar risiko keamanan pada data tidak aktif.
  1. Keadaan Memaksa
  1. Jika Sais Cloud mendeteksi aktivitas yang mencurigakan atau potensi ancaman keamanan terhadap sistem, Pemilik Platform berhak untuk melakukan tindakan pencegahan tanpa harus menunggu konfirmasi dari Pengelola Pondok. Tindakan ini termasuk, namun tidak terbatas pada, menonaktifkan akun pengguna, membatasi akses, atau mengambil langkah-langkah lain yang dianggap perlu untuk melindungi keamanan dan integritas sistem.
  2. Dalam keadaan serangan hacker atau situasi darurat lainnya yang membahayakan, Pemilik Platform berhak untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk menanggapi dan mengatasi ancaman tersebut tanpa persetujuan atau konfirmasi sebelumnya dari Pengelola Pondok. Langkah-langkah ini dapat mencakup penonaktifan sementara layanan atau fitur tertentu, perubahan konfigurasi sistem, atau tindakan keamanan lainnya yang diperlukan untuk menjaga integritas sistem.
  1. Perubahan Syarat dan Ketentuan
  1. Pemilik platform berhak untuk memperbaharui atau mengubah Syarat dan Ketentuan ini sesuai dengan kondisi dan keadaan tertentu.
  2. Pengelola Pondok dan Pengguna diharapkan untuk secara berkala memeriksa Syarat dan Ketentuan ini untuk memastikan pemahaman yang tepat tentang penggunaan Sais Cloud.